Lebar Track Rel (Sepur)

Posted: 4 Maret 2010 in Jalan Rel

Lebar trak
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Definisi lebar trak

Lebar trak adalah lebar antara sisi dalam kepala rel pada trak kereta api. Hampir enam puluh persen trak kereta api diseluruh dunia menggunakan trak yang lebarnya 1435 mm(4 ft 8½ in), yang pada akhirnya disebut sebagai lebar trak standar Internasional. Lebar trak yang kurang dari itu disebut sebagai lebar trak sempit (narrow gauge) dan yang lebih lebar disebut sebagai trak lebar (broad gauge).

Ada beberapa lebar (gauge) yang digunakan, semakin lebar semakin stabil sehingga semakin tinggi kecepatan kereta apinya. Lebar trak yang umum digunakan diantaranya ;

  • Lebar 700 mm, digunakan Kereta api Aceh, dari Besitang menuju Banda Aceh yang saat ini sudah tidak digunakan lagi.
  • Lebar 1000 mm disebut juga “meter gauge”, digunakan di Malaysia.
  • Lebar 1067 mm, atau 3 kaki 6 inci merupakan lebar rel yang digunakan secara umum di Indonesia, disebut juga sebagai Narrow gauge. Narrow gauge cocok untuk daerah yang bergunung-gunung karena trak yang lebar membutuhkan biaya besar dan pembangunannya lebih sulit.
  • Lebar 1435 mm, atau 4 kaki 8,5 inci. merupakan rel yang banyak digunakan didunia sehingga disebut juga sebagai Standar gauge

Dibeberapa negara ada yang menggunakan lebar trak yang berbeda sehingga pada tempat-tempat tertentu digunakan tiga rel dalam satu trak, sehingga lintasan bisa dipakai bersamaan antara kereta dengan lebar trak yang kecil dan lebar trak yang besar.
Penggunaan lebar trak di dunia

Lebar trak dominan didunia

Lebar trak dapat dilihat dalam gambar dan tabel berikut

About these ads
Komentar
  1. La mengatakan:

    kalo kereta nya kereta listrik kayak shinkansen, kira2 lebar trackny brp-an tu y p’???
    kalo ada gempa, track rel ny bisa bergeser ato rusak gak????
    apa ada penahan untuk mengatasinya??
    trus untuk lintasan relnya kan menggunakan magnet tuw p’, kira2 kalo dilintasi terus ama KA ny, kekuatan magnetny bs ilang g tuw p’??

    • Irwan Joe mengatakan:

      -Shinkansen menggunakan lebar sepur 1435 mm
      -Semua desainer jalan rel sudah mengantisipasi adanya gempa. Contohnya pad gempa yogya 2006, Alhamdulillah tidak ada jembatan maupun sepur yang rusak.
      – Tidak ada yang bisa menahan gempa.
      – untuk maglev, saya kurang pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s