Kerete-kereta tercepat di dunia

Posted: 3 Maret 2010 in Jalan Rel

Disalin dari http://awalsholeh.blogspot.com

Kemajuan Kereta Api semakin pesat dan maju.

Banyak orang mulai melirik kereta lagi, namun sayangnya kereta di Indonesia tidak memberikan layanan prima bahkan sampai harus diproteksi oleh pemerintah dari persaingan dengan pesawat. Keadaan ini masih ditambah lagi dengan leletnya laju kereta Indonesia, serta jadwal yang tidak pernah tepat waktu. Seandainya saja kereta di Indonesia bisa melaju secepat kereta-kereta tercepat di dunia seperti di bawah ini:

Tokaido Shinkansen – Jepang
Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta ini di tahun 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka. Kecepatannya? Baru 201 km/jam saja.


JR-Maglev MLX01 – Jepang
Termasuk kereta jenis superconducting magnetic levitation train (maglev) yang dalam uji cobanya bisa mencapai kecepatan 581 km/jam. Namun kereta ini belum dioperasikan secara komersil. China malah mendahului Jepang dengan meluncurkan lebih dulu kereta maglev-nya di tahun 2004.

Shangai Maglev Train – China
Dibangun dengan teknologi dari Jerman, kereta ini dapat mencapai kecepatan 430 km/jam dan dapat mengantar penumpang dari Pudong International Airport ke Longyang Road Station di tengah kota hanya dalam waktu delapan menit.


Korean Train Express (KTX) – Korea Selatan
Tahun 2004, Korea Selatan menjadi negara kedua di Asia selain Jepang yang membangun jaringan kereta berkecepatan tinggi untuk menghubungkan kota-kota utama. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV, kereta berkecepatan tinggi milik Perancis.

Taiwan High Speed Rail – Taiwan
Setelah mengalami penundaan beberapa tahun, akhirnya Taiwan High Speed Rail diluncurkan tanggal 5 Januari lalu. Dibangun berdasar teknologi Shinkansen milik Jepang, kereta ini memotong waktu tempuh antara Taipei dan Kaohsiung dari empat jam menjadi 90 menit.

Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis

Diluncurkan di awal tahun 1980-an, TGV melayani rute antara Lyon dan Paris. Sejak menuai kesuksesan, rute pun ditambah ke kota-kota lain di Perancis dan bahkan sampai ke negara lain. Kereta ini dikembangkan oleh Alstom SA – pembuat kereta api terbesar kedua di dunia, dan memecahkan rekor kecepatan 515 km/jam untuk kereta dengan roda konvensional.


InterCity Express (ICE) – Jerman
Di awal tahun 1990-an, Jerman meluncurkan kereta ini untuk melayani rute antara Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dikembangkan oleh Siemens dan dapat mencapai kecepatan 280 km/jam.

Transrapid – Jerman
Jerman juga membuat kereta maglev yang dapat mencapai kecepatan 550 km/jam. Sayangnya, di bulan September 2006 kereta ini mengalami kecelakaan di dekat kota Lathen yang menimbulkan korban jiwa sebanyak 23 orang. (Tetap lebih aman dari pada pesawat di Indonesia).

Direttissima – Italia
Akhirnya Italia juga tidak mau ketinggalan demam membuat kereta cepat di Eropa. Italia meluncurkan kereta Direttissima ini untuk melayani rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.

Eurostar – Inggris Raya
Kereta ini mulai beroperasi di tahun 1994 dan melayani rute dari London ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan di bawah selat Channel). Perjalanan London ke Paris dengan kereta ini memakan waktu sekitar 2 jam dan 35 menit.Yang lebih seru, menaiki kereta-kereta ini adalah seperti berwisata. Kita merasa rileks dan nyaman sambil menikmati pemandangan di luar. Tidak seperti ketika menumpang pesawat udara dan kapal laut di Indonesia yang seperti mengikuti acara Uji Nyali.

Sumber: Businessweek.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s